Focus Course
focus-course-eng



Apa itu Focus?

Focus adalah sebuah program yang dirancang untuk memastikan para siswa/i mendapatkan pendidikan bahasa Inggris di area yang dibutuhkan oleh siswa/i tersebut dan yang paling penting, berdasarkan kebutuhan individual.

 Setiap modul akan menekankan satu area khusus dalam pelatihan bahasa Inggris.

 Program Focus terdiri dari lima modul terpisah yang dikenal dengan nama Access, Articulate, Compose, Essentials, dan Skills.

Modul-modul ini dirancang agar sesuai di setiap program dimana kemampuan bahasa para siswa/i berkembang sejalan dengan perkembangan mereka di setiap program.

 Focus memastikan para siswa/i mampu mencapai target yang telah mereka tentukan untuk pendidikan bahasa Inggris mereka.



Penilaian

Siswa/i yang ingin bergabung dengan program Focus kami akan melewati serangkaian penilaian untuk mengetahui kelebihan mereka dan area yang masih membutuhkan perbaikan. Dengan cara ini, kami akan memastikan semua siswa/i ditempatkan di kelas yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Penilaian adalah elemen yang paling penting dalam Focus. Di akhir setiap modul, seluruh guru dan staf akan mengadakan sebuah pertemuan untuk membahas perkembangan siswa/i dan cara terbaik bagi siswa/i untuk melanjutkan ke modul berikutnya. Semua siswa/i akan diberi sebuah laporan berdasarkan penilaian ini, yang menggarisbawahi kelebihan-kelebihan mereka dan juga area-area dimana mereka masih memerlukan perbaikan. Para siswa/i juga akan dinilai berdasarkan penilaian yang telah diakui secara internasional yaitu Global Scale (Skala Global), yang juga dikenal sebagai Common European Framework (CEF) of languages.



Ujian dan Sertifikat

Siswa/i tidak diharuskan mengikuti ujian. Tetapi, guru-guru kami akan menginformasikan kepada siswa/i ketika mereka telah mencapai kemampuan dimana mereka telah mampu mengikuti ujian University of Cambridge ESOL. Jika para siswa/i tertarik untuk mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional ini, CaSE akan mempersiapkan para siswa/i untuk mengikuti ujian tersebut dan juga mengatur agar ujian tersebut dapat dilaksanakan.

 Seluruh siswa/i akan menerima sertifikat CaSE ketika mereka telah menyelesaikan rangkaian modul yang menunjukkan kemampuan mereka di CEF Global Scale (Skala Global CEF). Sertifikat ini adalah sebuah dokumen yang bermanfaat bagi siswa/i yang ingin melamar pekerjaan atau untuk kebutuhan akademis.



Skala Global

Skala Global, yang juga dikenal sebagai Common European Framework of References for Languages (CEF) dibentuk oleh Council of Europe (Dewan Negara Eropa) untuk menjelaskan proses pembelajaran, pengajaran, dan penilaian bahasa di tingkat internasional.

CEF membagi pelajar ke dalam tiga kategori yang dimulai dari Basic (dasar), kemudian Independent (independen) dan kemudian Proficient (ahli) yang merupakan tingkat tertinggi.

“Berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk mampu berbahasa Inggris?”

Hal ini tergantung kebutuhan dan keinginan Anda. Jika Anda hanya ingin mampu berkomunikasi secara tidak formal, waktu yang Anda perlukan lebih singkat daripada jika Anda ingin lulus ujian TOEFL atau IELTS; belajar untuk berbicara seperti penutur bahasa asli membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. 

The Association of Language Testers of Europe (ALTE) menyediakan sebuah pedoman untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi target dari setiap tingkat CEF. Angka-angka ini dibuat berdasarkan kemampuan seorang siswa yang tidak berusaha untuk berlatih sendiri di luar kelas.

   Waktu yang dibutuhkan (jam)  2 sesi per minggu  3 sesi per minggu
 Basic  270-300 2 tahun (maks) 1.5 tahun (maks)
 Independent  850-1000  6 tahun (maks  4 tahun (maks)
 Proficient  1700-2000  12 tahun (maks)  8 tahun (maks)

Pelajar yang memiliki motivasi dapat mengurangi jangka waktu ini dengan mengikuti nasehat guru dan berlatih di luar kelas.

Untuk memberi Anda sebuah gambaran, nilai TOEFL atau IELTS yang cukup baik berada di antara akhir tingkat Independen dan awal tingkat Proficient (ahli).

Informasi lebih lanjut mengenai angka-angka yang tertera di atas dapat dicari di:

http://www.pearsonlongman.com/ae/cef/cefguide.pdf



Modul

Focus: Access

Access adalah sebuah modul yang terdiri dari aktivitas-aktivitas yang dapat membantu pemahaman bahasa Inggris para siswa/i. Siswa/i yang berpartisipasi dalam program ini akan mempelajari cara mengartikan kalimat secara lisan maupun tulisan dalam konteks. Melalui program ini, para siswa/i akan menambah kosa kata, mempelajari bagaimana cara membentuk kalimat dan bagaimana sebuah bunyi dapat mengubah arti dalam sebuah percakapan. 

Focus: Articulate

Articulate membangun kemampuan berbahasa Inggris siswa/i dengan cara berlatih dalam aktivitas-aktivitas komunikatif. Melalui program ini, para peserta akan mengembangkan kemampuan berbicara dalam percakapan melalui pengembangan pengucapan dan intonasi; para peserta juga akan mempelajari etiket bahasa, mengembangkan kosa kata dan kelancaran berbicara, mempelajari penggunaan bahasa formal dan informal serta memahami perbedaan bunyi dan bagaimana perbedaan tersebut dapat mempengaruhi pemahaman.

Focus: Compose

Compose terdiri dari serangkaian aktivitas berbeda yang menekankan penggunaan bahasa Inggris yang penting bagi orang-orang yang hidup di dunia global. Para siswa/i akan mengikuti aktivitas yang dirancang untuk menemukan perbedaan antara berbagai jenis tulisan dalam bahasa Inggris, seperti email, teks, surat formal, surat lamaran kerja dan esai. Siswa/i akan mempelajari perbedaan bentuk lisan dan tulisan dalam bahasa Inggris.

Focus: Essentials

Dalam program Essentials, penekanan terletak pada struktur bahasa Inggris, bagaimana kata-kata dan kalimat-kalimat dibentuk, bagaimana struktur bahasa Inggris berfungsi dan mengapa hal ini penting. Aktivitas dalam program Essentials akan membantu para siswa/i memahami bagaimana bahasa Inggris bekerja dan membantu mereka dalam mempraktekkan apa yang telah mereka pahami.

Focus: Skills

Dalam program Skills, siswa/i akan menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Para peserta akan mengikuti aktifitas seperti drama, dimana mereka dapat mengaplikasikan kemampuan-kemampuan yang telah mereka pelajari dalam kehidupan nyata. Para siswa/i akan merasa percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris untuk situasi akademis maupun profesional, dan juga memikirkan bagaimana cara mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari dalam ujian.



Keuntungan 

-  Lebih terfokus kepada kebutuhan dan persyaratan siswa secara individual.

-  Siswa/i akan selalu ditempatkan di kelas-kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

-  Siswa/i lebih bebas bergerak dari satu kelas ke kelas lain yang lebih sesuai dengan kemampuan dan motivasi mereka.

-  Kerja keras akan menuai kemajuan yang lebih cepat di Global Scale atau Skala Global.

-  Penilaian yang berkelanjutan memastikan siswa/i selalu mengetahui perkembangan mereka.

-  Penyetaraan dengan standard internasional.

-  Sertifikat yang bermanfaat dari CaSE yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau kebutuhan pendidikan.